Selasa, 05 Maret 2013


 UP GRADE PENGETAHUAN TEKNOLOGI PENGELASAN, PPNS GELAR NATIONAL WELDING SEMINAR AND COMPETITION 2012

PDF
Sudah santer terdengar bahwa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) memiliki andil besar dalam perkembangan ilmu teknologi pengelasan. Selain telah memiliki program studi D4 Teknik Pengelasan serta penyelenggara Diklat Welding Inspector dan Diklat Juru Las, PPNS juga rutin menggelar kegiatan yang mendukung akan kemajuan ilmu teknologi pengelasan diantaranya seminar dan kompetisi. Hal ini merupakan peran nyata PPNS dalam penyiapan SDM bidang teknologi pengelasan di tanah air yang semakin unggul.
Pada penghujung bulan Juni 2012 PPNS menggelar National Weding Seminar(NWS) 2012 dan National Welding Competition (NWC) 2012 , dua acara besar berskala nasional dibidang pengelasan tersebut digelar pada hari yang sama yakni 30 Juni 2012 di kampus PPNS, National Weding Seminar digelar dengan system bedah makalah dengan topik yang terkait dengan teknologi pengelasan  dan penyambungan logam. Dengan mengusung tema “Teknologi Pengelasan, Perkembangan dan Tantangannya” seminar ini banyak diminati para peneliti dibidang teknologi pengelasan dan teknologi yang berhubungan dengan logam dan material baik dari kalangan dosen,mahasiswa maupun  industri.  Pemakalah yang datang dari berbagai kalangan membuat seminar semakin menarik dan berkembang, sehingga pengetahuan tentang teknologi pengelasan semakin luas dan dapat saling bertukar ilmu dan mengupgrade pengetahuan tentang teknologi pengelasan baik bagi para peserta maupun para pemakalah.
Sementara National Welding Competition, perhelatan kompetisi pengelasan tingkat nasional ini merupakan event yang ditunggu tunggu oleh pelaku teknologi pengelasan untuk menguji sejauh mana kemampuan mereka dalam mengelas. Diikuti oleh 300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, kompetisi level nasional ini di bagi menjadi 3 kategori yakni kategori mahasiswa, pelajar SMK/Sederajat dan kategori karyawan industri.  Respon sangat positif dapat dirasakan dari kalangan pelajar SMK/Sederajat, sebab kompetisi ini menawarka hadiah menarik bagi pemenang juara I kategori pelajar SMK/Sederajat bagi mereka yang kini duduk di kelas XII yakni berupa free pass dan beasiswa pendidikan untuk kuliah di program studi D4 Teknik Pengelasan PPNS. “ini merupakan bentuk nyata komitmen kami untuk mengembangkan teknologi pengelasan di Indonesia, kami memberikan beasiswa pendidikan mulai masuk hingga lulus bahkan free pass masuk program studi D4 Teknik Pengelasan tanpa tes karena kami yakin juara I kategori pelajar dari kompetisi ini pasti merupakan bibit unggul dibidang pengelasan yang layak untuk di fasilitasi agar dapat semakin mengembangkan kemampuannya selain itu harapan besar kami dari beasiswa ini adalah untuk memberi semangat pada pemenang dan pelajar lainnya yang belum menang untuk terus mengasah kemampuannya dibidang pengelasan, dan tentu saja hadiah beasiswa dan free pass ini berlaku apabila pemenang adalah pelajar dari siswa kelas XII. PPNS sangat siap untuk mencetak tenaga – tenaga ahli yang unggul di bidang teknologi pengelasan” ungkap Direktur PPNS, Ir. Muhammad Mahfud M.MT FRINA.
Dengan hadiah total senilai 19 juta rupiah, kompetisi ini terbagi menjadi dua babak, babak pertama merupakan babak penyisihan dengan seleksi teori (tes tulis) dengan materi SKKNI – SMAW, masing – masing kategori kemudian dipilih lima finalis dengan hasil tes tulis dengan nilai tertinggi untuk melaju ke babak final berupa tes praktek dengan bobot yang berbeda pada tiap kategorinya. Pemenang akan diumumkan langsung pada malam harinya bersamaan dengan konser Gugun Blues Shelter dan pentas seni mahasiswa PPNS serta pengumuman pemenang Director Cup PPNS 2012 dan POLKA Music Competition 2012.
http://www.ppns.ac.id/index.php/kurikulum-akademik/40-berita-terbaru/373-up-grade-pengetahuan-teknologi-pengelasan-ppns-gelar-national-welding-seminar-and-competition-2012.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar